Monday, May 13, 2013

Cara Membuat Radio Online

Setting SHOUTcast V2

Pada tutorial sebelumnya telah dibahas bagaimana cara melakukan setting SHOUTcast encoder untuk server V1. Dan sesuai judul, posting kali ini akan kita bagas bagaimana cara melakukan setting SHOUTcast encoder untuk server V2.
Hmm, sebelum tutorial dimulai, pelu kita ketahui juga lo, apa sich perbedaan yang signifikan antara SHOUTcast v1 & v2. : SHOUTcast V2  support untuk multi format audio stream  yang berbeda. Contoh kasus misalkan ingin streaming kita mempunyai dual format yaitu mp3 & aac, kita tidak harus melalkukan order dual server. Jadi lebih hemat :) Atau mungkin anda mempunyai banyak radio jaringan, anda cukup memakai satu port saja untuk stream banyak radio.
Ok Lets Go
Dalam contoh ini, kita akan melakukan setting sebuah radio streaming dengan dual output yaitu mp3 & aac+.

SETTING OUTPUT PERTAMA (MP3)
Pada tab informasi login, berbeda dengan v1, pada v2 terdapat kolom stream ID, ini digunakan sebagai identitas untuk masing-masing format. Misal stream id1 format mp3 dan id2 format aac+.
Ok gambar di atas adalah contoh setting output pertama (mp3). Jangan lupa tab directory sebagai identitas radio di isi. setelah itu kita menuju tabs encoders.
Ouput pertama menggunakan format mp3 32 Kbps

SETTING OUTPUT KEDUA (AAC+)
Klik pilihan dari ouput 1 ke ouput 2, sesuaikan data login dan directory atau identitas radio anda.
Jika semua parameter telah diisi beralih ke tabs encoder berikutnya
Streaming output 2 menggunakan format AAC+ anda dapat melakukan setting bitrate dengan menekan tombol encoders setting. Setelah itu klik connect untuk masing-masing output :).
Nah jika semua setting tersebut telah di isi dengan benar makan radio telah siap ON AIR dengan dual format mp3 & AAC. Anda dapat memantau pada tabs sumary sehingga tampil seperti pada gambar di bawah : 
Artinya radio telah mengudara
BAGAIAMANA CARA RUBAH SUMBER AUDIO ?
Stasiun radio tentunya tidak memutar lagu-lagu dari winamp saja dong, Namun juga ada suara announcer atau penyiarnya. Sumber audio dapat dirubah dari lagu-lagu pada winamp ke line in soundcard. Untuk stasiun radio dapat menggunakan output audio dari mixer studio siaran, kemudian di salurkan ke line in komputer yang digunakan untuk streaming atau yang terinstall SHOUTcast DSP Source winamp ini. Sedangkan untuk yang menggunakan SHOUTcast hanya untuk radio online maka dapat menggunakan MIC. 
Masuk pada tab input, dari winamp pindah ke soundcard input.
Pada caputure device pilih Microphone untuk pengguna mic headset, dan Line in untuk stasiun radio yang menggunakan mixer. Tombol push to talk digunakan bagi anda pengguna mic yang ingin siaran dengan maupun tanpa music backround dari winamp.
CHECK STATUS STREAM PADA BROWSER
Berbeda dengan SHOUTcast v1, check status pada browser SHOUTcast v2 tidak hanya sekedar check lo hehehe :) Namun ada yang perlu kita setting yaitu Authhash gunanya supaya radio kita dapat didengarkan via playlist PLS dan juga masuk dalam daftar radio seluruh dunia di www.shoutcast.com 
Format chek pada browser adalah http://ipadress:port contoh dalam tutorial ini adalah http://cast1.onlivestreaming.net:8000
Tampilan default admin SHOUTcast V2
Klik Admin login. masukkan user : admin dan password anda.
Lalu silahkan setting authhash untuk masing-masing stream dengan klik link create authhash. Contohnya adalah seperti gambar berikut : 

Jika semua kolom telah diisi sesuai data radio anda dengan benar, klik create authhash. Jika sudah berhasil maka tombol yang sebelum create authhash makan akan berubah menjadi update authhas.
Okay, setelah beberapa menit makan radio kita akan masuk di www.shoutcast.com dan sudah dapat didengarkan menggunakan Playlist.
Contoh format playlist berdasarkan masing-masing ID adalah sebagai berikut :
http://cast1.onlivestreaming.net:8000/listen.pls?sid=1 (MP3)
http://cast1.onlivestreaming.net:8000/listen.pls?sid=2 (AAC)
atau format http://adress:port/listen.pls?sid=1 dengan bitrate sesuai yang telah anda setting. 

Selamat mencoba sobat,.

Suka Dengan Artikel Ini ?

3 comments:

Recent Comment

 
 
Copyright © 2013. Giarto Blog - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Edited By ARSIP